Modul sistem pengendalian digital dibagi menjadi 10 bab dengan 1 pengantar, antara lain:

Bab 1 Pengertian Sistem Kontrol Digital

Bab ini membahas sistem kontrol digital secara umum (overview) dan perbedaannya dengan sistem kontrol analog.

Bab 2 Sifat-Sifat Sistem Waktu Diskrit dan Teori Konvolusi

Bab ini membahas tentang sifat-sifat sistem waktu diskrit dan teori konvolusi yang merupakan pengetahuan dasar untuk memahami sistem kontrol digital.

Bab 3 Persamaan Diferensial, Persamaan Beda dan Fungsi Alih

Bab ini membahas tentang pengetahuan dasar untuk mendapatkan model matematika diskrit dari plant/proses dalam bentuk persamaan diferensial, persamaan beda dan fungsi alih. Disertai contoh sederhana pemodelan sistem mekanik, elektrik dan elektro-mekanik.

Bab 4 Cara Mengubah Domain dengan Transformasi Z

Bab ini membahas tentang cara mengubah domain sistem, dari kontinyu menjadi diskrit menggunakan transformasi z. Disertai pembahasan sifat dan teorema yang belaku dalam transformasi z.

Bab 5 Cara Melakukan Invers Transformasi Z

Jika pada bab 4 membahas cara mengubah sistem waktu kontinyu menjadi sistem waktu diskrit, maka pada bab 5 ini sebaliknya. Sistem waktu diskrit dapat dirubah menjadi sistem waktu kontinyu dengan invers transformasi z.

Bab 6 Pendekatan Impulse Sampler sebagai Analog to Digital Converter (ADC)

Bab ini menjelaskan tentang prinsip kerja dan pendekatan matematis ADC yang merupakan salah satu komponen dalam sistem kontrol digital.

Bab 7 Pendekatan Data Hold sebagai Digital to Analog Converter (DAC)

Bab ini menjelaskan tentang prinsip kerja dan pendekatan matematis DAC yang merupakan komponen sistem kontrol digital yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.

Bab 8 Pengertian Fungsi Alih Pulsa atau Pulse Transfer Function

Bab ini menjelaskan tentang cara mendapatkan fungsi alih pulsa atau pulse transfer function dan perbedaannya dengan fungsi alih (biasa) sistem analog.

Bab 9 Model Matematika Kontroler Digital

Bab ini menjelaskan tentang persamaan kontroler PID digital dan cara mendapatkan parameter PID digital menggunakan pendekatan Ziegler-Nichols.

Bab 10 Analisis Kestabilan pada Sistem Kontrol Digital (coming soon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *